Pelatihan Emergency Nursing ENIL

Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 856/Menkes/SK/IX/2009 tentang Standar Instalasi Gawat Darurat (IGD) di Rumah Sakit, telah distandarisasi bahwa perawat IGD adalah perawat yang tersertifikasi Pelatihan Emergency Nursing.

Untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan Mahasiswa Akper YPIB Majalengka dalam menangani kasus kegawatdaruratan maka berbagai pelatihan terus di selengarakan. Hal ini dianggap tepat dan dapat meningkatkan ilmu dan keterampilan perawat gawat darurat.

Berdasarkan hal tersebut di atas, Akper YPIB Majalengkja bekerjasama dengan EM_nur Indonesia Divisi Gawat Darurat  sebagai satu-satunya pelaksana pendidikan dan pelatihan Emergency Nursing Intermediate Level  (ENIL) yang telah terakreditasi oleh BPPSDM Kemenkes RI Nomer : 42/H/A.P/V/2014 Menyelengarakan Pelatihan Emerency Nursing – Intermediate Level pada 25-28 November 2017 di Kampus Utama Akper YPIB.

Tujuan Pelatihan Emergency Nursing Intermediate Level  (ENIL)

Penyelengaraan pelatihan Emergency Nursing Intermediate Level  (ENIL) Bertujuan Meningkatnya kualitas pelayanan keperawatan gawat darurat dan bencana di sarana pelayanan kesehatan. Selain Itu, Peserta diharapkan mampu ketentauan sebagai berikut:

  1. Menjelaskan konsep keperawatan gawat darurat
  2. Melakukan asuhan keperawatan gawat darurat
  3. Melakukan penatalaksanaan kegawatdaruratan pada sistem pernapasan
  4. Melakukan resusitasi jantung paru
  5. Melakukan penatalaksanaan kegawatdaruratan pada syok hipovolemik
  6. Melakukan penatalaksanaan kegawatdaruratan pada sistem kardiovaskular (Acute Coronary Syndrome)
  7. Menginterpretasi EKG dan lethal aritmia
  8. Melakukan penatalaksanaan kegawatdaruratan pada cedera kepala dan tulang belakang
  9. Melakukan penatalaksanaan kegawatdaruaratan pada trauma muskuloskeletal
  10. Melakukan penatalaksanaan kegawatdaruratan pada trauma dada
  11. Melakukan penanganan luka emergency
  12. Melakukan penatalaksanaan kegawatdaruratan pada trauma abdomen
  13. Melakukan penatalaksanaan kegawatdaruratan pada keracunan

Dengan Fasilitator dan Instruktur Internasional juga Kurikulum pelatihan Emergency Nursing yang saat ini dikembangkan di dalam akademik dan di tingkatkan kembali kompetensinya dari Basic kepada Intermediate menjadi Modal penting Menjaga Kualitas SDM lulusan Akper YPIB Majalengka.